15 Mei 2014

Speedy Instan, Modal 5 ribu Speed 10mbps Seharian Tanpa Kuota






Beberapa hari yang lalu saya dipusingkan oleh keperluan download data yang lumayan besar untuk bahan desain grafis, data yang harus di download jumlahnya hampir 7GB sangat besar untuk pemakai layanan data internet kuota seperti saya. Setelah mengecek jumlah sisa kuota untuk layanan internet saya, dari sisa tersebut kuota yang ada tidak memungkinkan untuk mendownload data sebesar itu. 

Karena keperluan data tersebut lumayan mendesak saya mencoba mencari alternatif beberapa layanan data yang ditawarkan oleh beberapa penyedia layanan data selular lain, mencoba mengambil salah satu paket begadang yang memiliki kuota besar saya pun mulai mendownload. Tapi sayangnya sinyal yang diterima oleh modem GSM saya turun naik, sehingga kecepatan pun tidak maksimal, dan download pun menjadi puluhan jam. 

Tidak ingin menunggu lama, saya pun berusaha mencari alternatif lain yang memiliki kecepatan waktu download yang lebih singkat, dan kecepatan internet yang lebih kencang tentunya. Teringat dengan layanan wifi yang pernah saya pakai dan tulis di blog ini sebelumnya yaitu yaitu Speedy Instan saya pun langsung bergerak cepat untuk mencari titik hotspot terdekat untuk dapat terkoneksi, karena penerimaan sinyal wifi di tempat saya kurang bagus, dan sebelumnya saya juga mendapatkan kecepatan yang tidak maksimal.

Belum sampai di titik hostpot tujuan, teman saya menginformasikan bahwa sinyal speedyinstan@wifi.id cukup bagus di tempatnya, saya pun bergegas menuju tempat teman saya. Benar saja informasi yang diberikan, penerimaan sinyal di tempat teman saya cukup bagus. 

Saat ditempat teman, saya membawa sebuah laptop, sinyal yang diterima oleh laptop tersebut sudah cukup bagus. Tapi saya punya ide lain untuk memperkuat tangkapan sinyal wifi dari speedy instan. Yaitu USB Wifi, saya memiliki USB wifi ini untuk komputer PC dirumah, ketimbang wifi internal milik laptop, USB wifi yang saya memiliki tangkapan sinyalnya lebih bagus, dan di tambah kabel USB extender, maka saya pun bisa menempatkan USB wifi ditempat penerimaan sinyal wifi yang maksimal.

Setelah mendaftar untuk mendapatkan username dan password dari kartu telkomsel milik saya, sekaligus mendownload data yang saya perlukan sekalian saja saya reviews bagaimana kecepatan dan Pengalaman Internetan Dengan Speedy Instan.

Untuk pendaftaran sendiri anda bisa melakukannya melalui kartu telkomsel atau kartu flexi, bila anda tidak mempunyai kartu tersebut tersedia voucher untuk wifi dari speedy instan dan wifi.id yang tersedia di Plasa Telkom atau Authorized Dealer/outlet yang bekerja sama dengan Telkom.

Biaya paketnya adalah 

Paket Reguler
  • 2 Jam Rp. 1000
  • 5 Jam Rp. 2000
  • 10 Jam Rp. 3000
  • 24 Jam Rp. 5000
  • 3 Hari Rp. 10000
  • 7 Hari Rp. 20000
  • 30 Hari Rp. 50000
  • 90 Hari Rp. 100000
  • 180 Hari Rp. 250000
  • 365 Hari Rp. 400000
Cara pendaftaran melalui kartu Telkomsel / Telkom Flexi

Kirim SMS dengan format sebagai berikut

NET[Denominasi] kirim ke 8108

*Denominasi : Adalah jumlah biaya yang akan anda daftarkan untuk layanan, contoh
NET 5000
Tunggu sampai anda mendapat balasan berisi username dan password

Reviews Speedy Instan WiFi 10 Mbps

Beberapa point untuk informasi
  • USB Wifi TP-LINK TL-WN722N + Kabel USB Extender Sepanjang 5 Meter
  • Komputer & Laptop
  • Paket Harian Speedy Instan Rp 5000
  • Lokasi : Jalan S. Parman. Banjarmasin - Kalimantan Selatan

Tangkapan sinyal
Tangkapan sinyal yang saya terima memang turun naik, akan tetapi kecepatan yang saya dapat sudah maksimum, berikut hasil screenshot dari Vistumbler (sofware untuk melihat sinyal penerimaan wifi dalam bentuk dbm)




Berikut titik akses point untuk wifi dari Speedy Instan yang berada di wilayah Banjarmasin ( sebernarnya masih banyak yang bermunculan tapi hanya saya capture sebagian)




Kenapa jadi yang muncul banyak AP (access point) dari @Wifi.id karena, setelah saya koneksikan dengan SpeedyInstan@Wifi.id maupun @Wifi.id, Saat terkoneksi kita masih di arahkan ke halaman login yang dimana kita bisa memilih akses yang akan kita pakai, baik itu melewati layanan wifi.id, Speedy Instan (SPIN), Telkomsel, Flexi, Speedy, Voucher, Radnet dan Esia.



Speed Test
Setelah terkoneksi tentu saja yang menjadi perhatian saya adalah kecepatan, saya langsung saja mencoba kecepatan akses yang di dapat dari SpeedyInstan, berikut hasil speed testnya. (seperti biasa, saya melakukan beberapa kali test, dan melihat hasil yang terbaik dan rata rata )



Melihat kecepatan yang saya dapat, saya pikir kecepatan ini cukup untuk streaming dan browsing sekaligus download, maka saya pun memulai download data yang saya perlukan, tidak seperti sebelumnya, download saya yang hampir memakan waktu puluhan jam dengan memakai speedy instan maka download saya yang hampir 7 GB tersebut selesai dengan hitungan jam saja. ( saya tidak sempat capture untuk speed download saat mendownload file tersebut, maka saya mencoba mendownload sebuah video dari youtube untuk memberikan sekilas kecepatan downloadnya). berikut speed download dari wifi speedy instan.

(Maaf Videonya terhapus dari Youtube)

Sebagai informasi, saya tidak menyadari bahwa saat download itu sedang berjalan, sebuah tab video dari youtube juga sedang jalan di browser saya. 

Kecepatan Streaming
Kalau untuk download saja sudah kencang, apalagi untuk streaming, tentu saja buffer bisa di minimalisir ( Video HD 720p - 1080p ) bahkan tanpa tanpa buffer sama sekali. berikut screen video saya saat membuka sebuah video di youtube.


Tentu saja jika anda melihat di dalam video tersebut, saya memainkan dari 360p, 720p HD dan 1080p HD, semua di lewati koneksi ini tanpa buffer sama sekali. 
Kesimpulan
Saya akui suatu pengalaman baru bagi saya merasakan internet dengan kecepatan seperti itu, mungkin hal ini bagi sebagian orang sudah biasa, akan tetapi hal seperti ini bagi saya adalah hal yang luar biasa, kebiasaan memakai modem GSM dengan kecepatan bahkan kuota yang terbatas membawa hal baru dalam pengalaman internetan saya memakai koneksi dari speedy instan.
Pendapat saya : 
  • Kecepatan              :  ✭✭✭✭ (5/5)
  • Stabilitas Layanan  : ✭✭✭✭ (5/5)
  • Harga                      : ✭✭✭✭ (5/5)
  • Kuota & Lainnya    : (Tidak Ada Kuota)
Koneksi Internet yang sangat direkomendasikan apabila anda berada pada jangkauan sinyal dari wifi.id / speedy instan@wifi.id


Disqus Comments