27 Maret 2014

Tips Mendapatkan Akses Koneksi Internet Optimal





Secara teori tips yang saya berikan ini mungkin anda akan mendapatkan kecepatan koneksi yang hampir mendekati apa yang ditawarkan oleh penyedia layanan internet anda. Tapi faktor kecepatan koneksi internet bukan hanya berdasarkan teori teori atau setinggan belaka, banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti hardware, jaringan, bandwith dan lain sebagainya. Bagi anda pengguna modem dial up sama dengan saya. Faktor pertama dalam kecepatan adalah penyedia layanan internet itu sendiri, karena bagaimanapun anda setting komputer/laptop/gadget anda, tetapi penyedia layanan telah membatasi kecepatan yang diberikan. Maka kecepatan itulah yang akan anda dapat.

Contoh, saya berlangganan suatu paket layanan data GSM dengan kecepatan 3,5Mbps unlimited, dan saya mempunyai modem support sampai dengan kecepatan 7,2Mbps. Pastinya anda sudah tau batas kecepatan yang anda dapat ketika mengakses layanan tersebut yaitu 3,5Mbps, jangan berharap walau modem anda sudah support 7,2Mbps dan anda akan mendapatkan kecepatan demikian.

Kadang kala kecepatan yang di berikan oleh pihak penyedia layanan pun tidak dapat kita pakai secara maksimal, karena seperti saya tulis di atas yaitu faktor yang memperngaruhinya, bagi pengguna layanan berbasis wireless yaitu signal dan peak time, dan  yang berbasis kabel yaitu peak time.

Dengan beberapa melihat informasi layanan, hardware, setinggan dan pengaturan yang tepat mungkin kita akan mendekati kecepatan yang diberikan oleh pihak penyedia layanan. Berikut tipsnya.
1. Penyedia Layanan Data

Pastikan kecepatan maksimal yang diberikan oleh penyedia layanan anda, jika anda sudah mendapatkan informasi seputar kecepatan yang ditawarkan  anda dapat maka lanjut pada langkah berikutnya.
2. Hardware

Pastikan segala hardware pendukung untuk akses internet anda telah mempunyai spesifikasi yang sesuai dengan layanan yang ditawarkan oleh pihak provider/penyedia layanan, misalnya seperti modem, gadget. Spesifikasi hardware melebihi apa yang ditawarkan oleh provider itu semakin bagus, misal modem anda sudah support untuk 42Mbps dan penyedia hanya menawarkan 22Mbps. Spesifikasi tersebut juga berlaku untuk gadget anda.


Jaringan dan signal adalah faktor utama dalam hal kecepatan, pastikan daerah anda telah tercover jaringan dan signal dengan teknologi tercepat yang di miliki oleh penyedia layanan, semisal HSPA+ atau Fiber Optic. Untuk memeriksa apakah wilayah anda sudah tercover dengan jaringan terkini, anda dapat memeriksanya langsung pada web/blog penyedia layanan, biasanya mereka memberikan info seputar wilayah yang sudah tercover dalam kategori Coverage.

4. Software 

Untuk software sendiri seperti desktop manager untuk modem maupun browser internet, usahakan anda memiliki versi paling terupdate, untuk dekstop manager dan driver baik itu untuk modem 3G atau modem ADSL anda bisa mencarinya di internet untuk versi yang terupdate.

5. Settingan
Untuk settingan sendiri ada banyak. Tapi di sini hanya saya tampilkan beberapa saja. Sebenarnya kalau anda pengguna windows umumnya windows akan membatasi penggunaan bandwith untuk tiap aplikasi yang akan menggunakan bandwith internet, normalnya batas yang diberikan windows adalah 20% dari seluruh bandwith yang ada. Anda bisa mengubah langsung setting ini dengan cara berikut 

Untuk Windows 7
  • Pada keyboard tekan tombol windows, dan setelah muncul ketikkan pada kolom search "gpedit.msc" dan tekan enter
  • Akan keluar menu
  • Kemudian anda pilih pada bagian > Computer Configuration, Administrative Templates, Network, QoS Packet Scheduler

  • Berikutnya pada kolom kanan pilih Limit reservable bandwidth klik dua kali maka akan muncul tampilan seperti ini


  • Jika pilihan pada saat muncul adalah not configured atau disabled pindah ke kolom enabled, dan ada angka dibawah yang menunjukan 20% ganti angka tersebut ke 0, pada posisi disabled, maka default limit akan berada pada 20% begitu juga dengan posisi not configured. Tutup semua menu dan restart komputer anda.
Untuk settingan browser anda bisa menghidupkan cache untuk membantu mempercepat akses loading website, sebenarnya ini tidak ada hubungan dengan kecepatan internet. Hanya saja ini patut dilakukan untuk mempercepat loading saat kita membuka sebuah website. Anda bisa menemukan artikel terkait masalah cache di blog ini

Pada Browser internet (contoh mozila)
  • Pada bagian firefox sebelah kanan atas masuk pada pilihan seperti di bawah ini
  • Akan muncul pilihan


  • Masuk ke tab Advanced>Network > dan centang pada override automatic cache management, ganti angka ke 1024
Optimasi sinyal modem
  • Sinyal menentukan kecepatan yang anda dapat, saat anda sudah terhubung pada modem, dekstop manager dari modem akan menunjukan sinyal yang di dapat.
  • Saat modem wilayah anda sudah tercover teknologi jaringan terbaru dan modem anda tidak mendapatkan sinyalnya, maka langkah berikutnya adalah penempatan modem untuk mendapatkan sinyal terbaik, anda bisa mencari di blog ini cara membuat antena sederhana untuk modem 3G dan wifi
Saat semua langkah telah dilakukan dan anda masih belum mendapatkan kecepatan yang maksimal, berarti anda harus meliat lagi pada teori di atas, yaitu peak time, peak time dimana kepadatan pengguna jaringan sedang banyak banyaknya, dan tentu saja bandwith untuk layanan akan terbagi ke semua user yang sedang mengaksesnya.

Dan saat yang tepat untuk mecoba kecepatan maksimum layanan adalah saat dimana sedang tidak banyak user yang memakai, saya biasa mencobanya pada tengah malam, apabila saat itu anda telah mendapat kecepatan yang di berikan oleh penyedia layanan, berarti pada dilain waktu tersebut memang banyak user yang sedang memakai layanan yang menyebabkan lambatnya koneksi anda, dengan fakta ini maka bisa menjadi pedoman anda untuk meilirik penyedia layanan yang lain yang tidak terlalu banyak usernya.


Disqus Comments