24 Maret 2014

Li-Fi & Teknologi Internet Dengan Sinar Laser


Anda tentu tidak asing dengan kata Wi-Fi, yaitu suatu teknologi penghantar sinyal tanpa kabel. Dengan teknologi ini memungkinkan kita dapat mengakses suatu jaringan dalam cover area yang tercakup oleh sinyal dari wi-fi tersebut.

Kecepatan yang dapat di hasilkan oleh sinyal wi-fi sendiri tergolong cepat, berbeda dengan kabel yang mungkin banyak memakan biaya dan tempat, wifi merupakan salah satu teknologi terpraktis.

Saat kita masih berkutat dengan wifi, sekarang telah ditemuka teknologi terbaru dalam proses penghantaran sinyal, baik itu untuk internet atau jaringan komputer biasa,melaui cahaya laser

Tapi bisakah cahaya laser menghantarkan sinyal? Jawabannya bisa. Para peneliti dari California Institute of Technology sedang mendalami untuk peningkatan kecepatan akses internet melalui teknologi baru ini. 

Seorang peneliti yaitu Amnon Yariv telah menyatakan bahwa cahaya laser dapat meningkatkan aliran internet 4 kali lebih cepat daripada backbone internet yang ada pada saat ini. 

Semisal jaringan backbone yang ada berbandwith 40Gbps maka dengan teknologi ini akan meningkat menjadi 160Gbps.

Untuk Lifi sendiri adalah pemanfaatan dari cahaya untuk menghantarkan sinyal, peneliti dari cina menemukan bahwa penghantaran sinyal internet bisa tidak melewati media wifi lagi, tetapi melewati sebuah bohlam lampu??

Heran? tentu saja. Peneliti ini juga menyebutkan satu buah lampu LED berdaya 1 watt bisa melayani 4 buah komputer untuk koneksi internet. Tentu saja anda tidak bisa hanya bermodalkan satu buah bohlam lampu dan mulai mendekatkan komputer atau laptop anda ke bohlam tersebut  untuk mencari sinyalnya supaya bisa terhubung ke internet, ini  lebih rumit daripada yang anda bayangkan, akan tetapi hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa sebuah bohlam lampu LED dapat menghantarkan sinyal, teknologi ini disebut dengan Li-Fi.


Disqus Comments